Bagasi penumpang pesawat Tips perjalanan yang aman, nyaman dan murah - Teknologi Angkutan Darat, Laut dan Udara: Bagasi penumpang pesawat

Jumat, 12 Februari 2016

Bagasi penumpang pesawat

Beberapa hal tentang bagasi ini sebaiknya dipahami oleh calon penumpang pesawat :
1. Jangan membawa barang-barang terlarang, seperti tertulis di sini
2. Ketahui berapa free-baggage yang menjadi fasilitas sesuai tiket anda, jika tidak ingin ditagihkan biaya bagasi oleh airline. Harga extra baggage biasanya malah lebih tinggi daripada harga cargo. Jadi kalau memang ingin mengirim barang dalam jumlah besar / berat sebaiknya menggunakan jasa cargo / titipan saja.
3. Jangan simpan barang berharga anda di bagasi pesawat sebagai checked baggage tapi bawa ke kabin.
4. Untuk checked baggage (tidak dibawa oleh penumpang ke kabin pesawat) pastikan semua resleting, kunci dan kondisi tas anda dalam kondisi baik dan tidak sobek.
5. Jika anda menyimpan sesuatu yang berharga untuk diri anda dan terpaksa tidak dapat dibawa ke kabin, disarankan melakukan proses wrapping di bandara.
6. Sebelum keluar dari gedung bandara (kedatangan), pastikan bagasi Anda dalam kondisi yang baik. Jika Anda menemukan kerusakan, pastikan Anda membuat laporan ke Bagian Kehilangan untuk mendapatkan bukti Laporan Kerusakan Barang.
7. Jika saya tidak membuat laporan kehilangan pada terminal kedatangan, laporkan kehilangan bagasi lewat telepon dengan menghubungi kantor cabang airlines terdekat. Petugas Kehilangan Barang Bandara (Lost & Found) akan membuat laporan walaupun laporannya tidak bisa dijadikan bukti pertanggung jawaban.
Mudah-mudahan tips di atas dapat membantu calon penumpang pesawat memperoleh kenyamanan terutama untuk bagasinya.