IATA Standard Safety Assessment (ISSA) Tips perjalanan yang aman, nyaman dan murah - Teknologi Angkutan Darat, Laut dan Udara: IATA Standard Safety Assessment (ISSA)

Jumat, 26 Juni 2015

IATA Standard Safety Assessment (ISSA)

IATA meluncurkan Standard Safety Assessment

International Air Transport Association (IATA) meluncurkan IATA Standard Safety Assessment (ISSA) untuk penerbangan yang tidak memenuhi persyaratan untuk IATA Operational Safety Audit (IOSA).
ISSA adalah program audit keselamatan sukarela, sejalan dengan praktek terbaik global dan diciptakan utamanya untuk maskapai yang mengoperasikan pesawat yang memiliki Maksimum Take-Off Weight (MTOW) dari lebih rendah 5.700 kg ( 12.566 lbs.) sebagai ambang batas untuk berpartisipasi dalam IOSA. ISSA juga merupakan alternatif untuk penerbangan, seperti beberapa perusahaan charter swasta yang model bisnisnya tidak memungkinkan sesuai dengan standar IOSA. Namun ISSA bukanlah pengganti IOSA yang tetap menjadi persyaratan untuk keanggotaan IATA.
Memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari Program IOSA, ISSA membantu operator penerbangan untuk mengkonfirmasi dengan standar keamanan global dan praktek terbaik. Memberikan mereka kesempatan untuk mengevaluasi dan memperbaiki sistem pengendalian operasional dan manajemen yang ada. ISSA juga memperkenalkan unsur-unsur dari Sistem Manajemen Keselamatan (SMS). Selain itu, penilaian akan dilakukan oleh IOSA Accredited Audit Organizations.
Menurut IATA beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh industri penerbangan yang mengikuti program ini, antara lain.
Standar keamanan global untuk operator komersial yang tidak tercakup oleh program IATA yang ada  Mengukur kesesuaian operator dengan persyaratan ICAO yang relevan
Implementasi secara bertahap unsur-unsur sistem manajemen keselamatan (SMS)
Hasil penilaian menjadi dasar kelayakan untuk masuk ke ISSA Registry
Peningkatan keuntungan di segi pemasaran dan komersial bagi operator
Perbaikan kondisi untuk pengurangan premi asuransi