Sultan yang menjadi pilot Tips perjalanan yang aman, nyaman dan murah - Teknologi Angkutan Darat, Laut dan Udara: Sultan yang menjadi pilot

Rabu, 13 Maret 2013

Sultan yang menjadi pilot

Sang Sultan yang juga penerbang

Bagaimana rasanya melihat seorang kepala negara menerbangkan pesawat terbang. Tidak tanggung-tanggung dia membawa sendiri pesawatnya lintas benua.
Tidak semua orang bisa masuk ke gedung putih dan bertemu dengan Presiden AS Barrack Obama. Apalagi perjalanan tersebut dilakukan dengan mengemudikan sendiri pesawat Boeing 747 melintasi benua.
Adalah Sultan Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei ini menemui Obama pada 12 Maret 2013 kemarin di White House.
Pesawat yang diterbangkan Hasanal Bolkiah dari Brunei ke Amerika
Pesawat B747-800 Kesultanan Brunei Darussalam

Seperti diberitakan Washington Post yang dilansir The Star, Rabu (13/3/2013), Obama mengatakan kepada Sultan Brunei ia siap menghadiri ASEAN Summit di Brunei di Oktober 2013 ini. Obama mengatakan siap membahas isu penting mengenai perdagangan, energi, dan perubahan iklim.
Negara tetangga dan sahabat Indonesia ini memang terkenal dengan kekayaan atas minyak bumi yang melimpah. Brunei merupakan negara kecil di Asia Tenggara yang berada di Pulau Kalimantan (Borneo) dan berbatasan dengan Laut China Selatan. 
Boeing 747 sendiri adalah pesawat canggih dan salah satu pesawat terbesar di dunia dengan double deck.
"Dia (Sultan Brunei) sendiri kemarin telah ke AS dengan menerbangkan sendiri pesawat 747 miliknya. Saya pikir hanya dia sang kepala negara yang menerbangkan pesawat kenegaraannya. Nanti jika memang Air Force One (Pesawat Kepresidenan AS) mengalami masalah, saya tahu harus berkonsultasi kemana," ujar Obama berseloroh.