Berbagai misteri dalam pesawat yang sudah terpecahkan Tips perjalanan yang aman, nyaman dan murah - Teknologi Angkutan Darat, Laut dan Udara: Berbagai misteri dalam pesawat yang sudah terpecahkan

Senin, 08 Oktober 2012

Berbagai misteri dalam pesawat yang sudah terpecahkan

21 Misteri yang sudah terungkap seputar perjalanan dengan pesawat terbang

1. Benarkah sinyal ponsel bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?
Hal ini masih terus diperdebatkan. Para ahli mengatakan ponsel punya gelombang elektromagnetik yang mengganggu peralatan elektronik pesawat, walaupun beberapa kali hal itu dibantah. Untuk berjaga-jaga, pihak maskapai memilih agar para penumpang mematikan perangkat elektronik.
2. Bangku pesawat mana yang paling aman?
Ini sungguhan, ternyata memang ada bangku pesawat yang membuat penumpang lebih aman. Otoritas penerbangan AS dan University of Greenwich mewawancara 2.000 korban selamat dari 105 kecelakaan pesawat. Kursi paling aman untuk penumpang adalah yang paling dekat pintu darurat, kemudian 5 baris sebelum dan sesudah pintu darurat. Penumpang yang duduk di depan pesawat punya 65 persen kesempatan untuk selamat, sedangkan mereka yang duduk di belakang pesawat hanya punya 53 persen kesempatan. Catat!
3. Kenapa makanan yang sama, rasanya beda kalau dimakan di pesawat?
Anda tidak salah, makanan rasanya beda kalau dimakan di dalam penerbangan. Udara kering di kabin mempengaruhi hidung dalam mengendus aroma makanan. Tekanan udara di kabin mengurangi sepertiga kemampuan lidah merasakan kelezatan makanan. Biasanya maskapai memang menambah garam dan bumbu untuk makanan di pesawat.
4. Amankah minum air di pesawat?
Tes dari US Environmental Protection Agency pada 2009 menunjukan 1 dari 7 pesawat air minumnya kurang bersih. Ada bakteri seperi E. coli yang bisa muncul. Pastikan Anda melihat pramugari menuangkan air minum dari kemasan air mineral, bukan dari air minum yang ada dari tanki cadangan pesawat.
5. Apakah di pesawat bisa lebih cepat mabuk?
Tidak benar. Dr Bhushan Kapur dari Fakultas Kedokteran University of Toronto, mengatakan tingkat alkohol dalam darah penumpang pesawat tidak meningkat selama penerbangan. Lantas kenapa penumpang yang minum alkohol di pesawat merasa cepat mabuk? Itu adalah hypoxia, kekurangan oksigen karena pengaruh berada di ketinggian dan kabin bertekanan rendah.
6. Apa yang terjadi dengan tinja dan urine di pesawat?
Pesawat tidak boleh membuang isi septik tank saat penerbangan, tapi kebocoran bisa terjadi. Pernah ada kasus 'blue ice' (kotoran yang membeku setelah tercampur dengan disinfektan) yang jatuh dan menimpa atap rumah di Inggris. 'Blue ice' itu ternyata berisi urine penumpang pesawat.
7. Kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13?
Beberapa maskapai membuang bangku nomor 13 bukan percaya takhayul, tapi justru agar penumpang yang percaya takhayul tidak ketakutan. Maskapai yang melakukan ini adalah Air France, Emirates, Continental Airlines, Lufthansa dan Ryanair. Lufthansa juga meniadakan bangku nomor 17 karena diangap sial oleh penumpang Italia dan Brazil.
8. Kalau pesawat bebas rokok, kenapa ada asbak di toilet?
Penerbangan pesawat bebas asap rokok sudah berjalan 15 tahun, tapi semua pesawat harus punya asbak sebagai bagian dari keamanan penerbangan. Ini gara-gara puntung rokok menyebabkan kecelakaan pesawat pada 1973, sehingga aturan asbak ini dibuat untuk jaga-jaga ada penumpang yang nekat merokok dalam penerbangan.
9. Apa pramugari harus punya berat badan tertentu?
Bukan berat badan, pramugari itu harus bertubuh proporsional antara berat dan tinggi badan, bisa duduk di bangku cadangan dan muat di jendela emergency exit. Tinggi badan mereka 160-185 cm.
10. Pilot pergi ke toilet tidak?
Inilah sebabnya lampu sabuk pengaman menyala tanpa alasan apa-apa. Itu bukan turbulens. Bisa jadi itu karena pilot pergi sebentar ke toilet. Co-pilot yang menjaga penerbangan sampai rekannya kembali.
11. Apakah petir bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?
Sejak 1967 tidak ada kasus kecelakaan pesawat akibat petir. Pesawat masa kini harus lolos ujian petir. Kalau tersambar petir, alumunium di badan pesawat akan menghantarkan listrik ke bagian ekor dan dibuang di sana.
12. Apakah masker pesawat membuat teler?
Tidak. Masker pesawat diberikan saat tekanan kabin tiba-tiba drop. Saat menghirup oksigen dari masker, beberapa penumpang sebelumnya sudah kehilangan oksigen, sehingga merasa teler.
13. Flu lebih mudah menular di pesawat.
Sebagian orang berpikir bahwa udara yang berpikir di pesawat lebih mudah menularkan kuman/virus. Pesawat terbang dilengkapi sitem High Efficiency Particle Air Filters (HEPA). Pada prinsipnya sistem ini menghisap udara dari luar bercampur udara yang direcycle dan menyaringnya. Jadi sesungguhnya jika ada virus/kuman sistem akan menangkapnya dan memompakan udara bersih ke kabin. Pergantian udara berlangsung penuh setiap dua sampai empat menit.
14. Bisakah pintu pesawat penumpang dibuka saat penerbangan ?
Entah karena ketakutan sehingga meminum obat tidur yang kemudian memicu kegilaan sementara maupun pengaruh minuman keras, pernah terjadi insiden penumpang berusaha membuka pintu pesaat dalam penerbangan. Biasanya penumpang lain maupun pramugari/pramugara akan mencegahnya dan bukan tidak mungkin terjadi pergumulan di lantai. Pintu pesawat penumpang (jet) disebut juga pintu"plug". Karena tekanan pada pintu yang sangat kuat butuh ratusan orang untuk bisa membukanya.
15. Terjebak dalam toilet pesawat
Sebuah rumor mengatakan bahwa orang mungkin terjebak dalam toilet pesawat dan bukan tidak mungkin terhisap keluar. Memang pernah ada film yang menayangkan peristiwa seperti ini. Namun pemikiran ini sangat sulit diterima akal dan hanya fiksi.
16. Pilot adalah orang kaya
Belum tentu, di beberapa airlines dibutuhkan waktu yang lama untuk mencapai gaji yang bagus. Untuk mendapatkan lisensi pesawat komersil dibutuhkan £35.000-50.000. Memang ada airlines yang membiayai training pilot namun biasanya untuk penerbang muda.
17. Bisakah mendapat upgrade bila anda mengeluh tentang tempat duduk anda ?
Murni mitos, jika seorang pramugari dapat mengupgrade tempat duduk anda bahkan jika tempat duduk anda terbakar sekalipun. Banyak trik yang digunakan agar bisa mendapat upgrade di pesawat namun hampir semuanya gagal. Akan lebih mungkin jika anda mendapatkannya dari meja check-in sebelum anda naik pesawat. Namun mencoba memintanya dari staf maskapai hanya akan mempermalukan diri anda.
18. Menuangkan diet cola lebih sulit dibandingkan minuman lain.
Tepat, percampuran karbonisasi dan ketinggian membuat diet cola lebih sulit dituangkan dibandingkan minuman lain. Waktu yang dibutuhkan untuk menuangkan 1 gelas diet cola bisa digunakan untuk menuangkan 3 gelas minuman lain.
19. Apakah pesawat bertabrakan dengan burung ?
Ya, pada umumnya anda tidak menyadarinya namun kadangkala pesawat mengalami resiko yang cukup besar saat mendarat dan tinggal landas akibat bertabrakan dengan burung terutama bila burung tersebut terhisap ke dalam mesin.
20. Mengapa tirai jendela harus terbuka saat tinggal landas dan mendarat ?
Hal ini bukan keharusan. Namun dalam kondisi yang sangat kecil kemungkinan dapat terjadi, saat keadaan darurat, petugas dapat melihat ke dalam pesawat.
21. Rule 240
Dalam Peraturan 240, diatur mengenai kompensasi atas ketidaknyamanan penumpang atas layanan maskapai angkutan udara. Begitupun di Indonesia telah ada aturan yang mengatur masalah keterlambatan pesawat dan kehilangan bagasi. Namun biasanya masing-masing maskapai sudah membuat aturan sendiri semacam kontrak antara penumpang dan maskapai. Terutama untuk yang berhubungan dengan pelayanan, tiket, dan harga. Pastikan anda membacanya secara menyeluruh sebelum membayar tiket anda, terutama saat menggunakan tiket pesawat promo.

Sumber : detik.com dan skyscanner.net