Tips Perjalanan dengan pesawat yang aman dan nyaman Tips perjalanan yang aman, nyaman dan murah - Teknologi Angkutan Darat, Laut dan Udara: Tips Perjalanan dengan pesawat yang aman dan nyaman

Selasa, 07 Juni 2011

Tips Perjalanan dengan pesawat yang aman dan nyaman

Suatu waktu anda mungkin ingin atau terpaksa menggunakan jasa transportasi pesawat, entah untuk keperluan dinas, mengunjungi saudara di kota atau pulau lain, maupun berwisata. Tentunya anda ingin menikmati perjalanan anda bukan? Tips berikut mudah-mudahan dapat membantu anda dalam menikmati perjalanan anda sehingga tetap aman dan nyaman.
1. Persiapkan apa yang harus anda bawa, terutama jika anda mengalami masalah kesehatan, seperti :
a. Bawalah obat-obatan anda dalam tas bukan di bagasi, jika anda mengkonsumsi obat-obat dokter dalam jangka waktu tertentu, bawalah obat secukupnya dengan mengantisipasi jika jadwal kepulangan anda dibatalkan. Konsultasikan dengan dokter anda obat dan dosisnya terutama jika anda memiliki penyakit kambuhan.
b. Udara yang kering di dalam pesawat harus diantisipasi dengan minum air yang cukup, non alkohol dan non kafein.
c. Konsultasikan dengan dokter anda makanan dan minuman yang harus dihindari.
2. Jangan membawa barang-barang yang terlarang seperti benda tajam, benda yang dapat meledak, cairan dengan kemasan mudah pecah dan lain-lain yang biasanya ada pada tiket.
3. Usahakan untuk datang ke bandara lebih awal. Kombinasi kemacetan di jalan raya / tol dengan jadwal check-in bisa menimbulkan stress yang luar biasa. Selain itu jika anda check-in lebih awal kemungkinan anda bisa memilih tempat duduk yang sesuai lebih besar. Anda yang menyukai pemandangan mungkin akan memilih dekat window, sehingga nyaman untuk melihat pemandangan di bawah saat takeoff maupun landing, namun untuk seorang seperti saya yang langganan ke toilet mungkin lebih memilih di alley.
4. Memilih penerbangan langsung (direct flight) jika memungkinkan. Perubahan ketinggian yang cepat dan manuver yang dilakukan untuk mengarahkan pesawat ke landas pacu dapat mempengaruhi tubuh maupun kesadaran seseorang. Selain itu survey membuktikan persentase kecelakaan pesawat lebih tinggi saat take-off maupun landing. Bagi anda yang mengalami masalah seperti itu tidak disarankan untuk mengambil penerbangan transit.
5. Selalu perhatikan instruksi pre flight yang diberikan oleh para cabin attendant sebelum keberangkatan. Penempatan pintu darurat maupun alat keselamatan lain seperti life vest, maupun penggunaan sabuk pengaman adalah unsur penting jika terjadi hal—hal yang tidak diinginkan.
6. Matikan handphone anda selama penerbangan. Beberapa jenis pesawat sangat mengandalkan frekuensi radio dan sinyal, termasuk untuk keperluan radar.
7. Penyumbatan pembuluh darah di kaki dapat terjadi dalam penerbangan yang cukup lama, meluruskan kaki maupun sekedar berjalan dapat membantu (kecuali dilarang oleh krew pesawat).
8. Membawa surat kabar maupun majalah untuk membunuh waktu selama perjalan jauh juga sangat disarankan.
9. Membawa pemutar musik seperti walkman, MP3 player, ataupun CD player, tentu saja dengan headsetnya. Saya sarankan anda membawa battere cukup untuk perjalanan anda.
10. Tidur juga sebenarnya adalah cara yang baik untuk menikmati perjalanan terutama untuk perjalanan yang jauh.
11. Jika anda memiliki lensa kontak dan kacamata, sebaiknya gunakan kaca mata. Udara yang kering dapat membuat mata iritasi.
12. Lepas sepatu anda, hal ini akan membuat anda merasa lebih rileks dan nyaman.
13. Persiapkan juga jaket atau sweater, seandainya ternyata AC pesawat terlalu dingin untuk anda.
14. Jika anda membawa anak-anak ataupun bayi, persiapkan juga mainan untuk mereka. Ajak mereka bermain dan buat mereka tertawa. Tentunya anda dan orang disekitar anda akan lebih terganggu saat melihat dan mendengar mereka menangis.
15. Bagasi. Bagasi anda sebaiknya memiliki ciri khusus dari standarnya, saya sering melihat bagasi yang diberi pita maupun tali dari warna tertentu. Hal ini memudahkan anda mengenalinya saat mengambil bagasi. Kunci bagasi anda, saat ini banyak dijual kunci kecil yang masuk pada lubang resleting. Periksa barang bawaan anda sebelum meninggalkan airport, terkadang anda perlu mengajukan klaim karena barang bawaan anda rusak.
16. Banyak berdoa.
17. Sudah dulu, ya...