Perjalanan nyaman dengan kereta api Tips perjalanan yang aman, nyaman dan murah - Teknologi Angkutan Darat, Laut dan Udara: Perjalanan nyaman dengan kereta api

Rabu, 29 Juni 2011

Perjalanan nyaman dengan kereta api

Lebaran sudah dekat, mungkin anda mulai mempertimbangkan untuk mudik ke daerah anda masing-masing. Anda yang tinggal di Jakarta yang ingin mudik ke kampung halaman di Jawa Tengah maupun Jawa Timur tentu sudah tidak asing dengan kemacetan lalu lintas di masa arus mudik maupun arus balik. Pada liburan panjang ( 3 hari atau lebih ) hal ini pun tidak jarang terjadi.
Salah satu moda transportasi yang sering menjadi pilihan adalah kereta api. Anda mungkin bisa menggunakan pesawat, namun harganya tentu jauh lebih mahal, terutama di masa-masa seperti itu. Kereta api selain tentunya lebih murah juga akan lebih disukai oleh mereka yang mungkin takut naik pesawat, tidak kehilangan komunikasi karena masih bisa berhandphone ria, browsing dan facebookan maupun blogging sedang saya lakukan. Kereta api juga mampu menjangkau kota-kota yang lebih kecil dan tidak memiliki bandara.
PT KAI (Kereta Api Indonesia) dengan segala cerita miringnya di masa lalu, ternyata sudah mulai berbenah diri dan mudah-mudahan akan jauh lebih baik lagi.
Permasalahan yang sering dihadapi adalah sulitnya mendapatkan tiket pada masa-masa itu. Tidak jarang pemberitaan televisi pada masa-masa lebaran adalah tentang calo-calo kereta api yang tertangkap ataupun yang beraksi dengan menaikkan harga 2 – 3 kali lipat dari harga normalnya.
Oleh karena itu, pilihan terbaik adalah memesannya jauh-jauh hari, sehingga anda cukup nyaman berangkat bersama keluarga anda dan aman karena tidak perlu berdesak-desakan untuk membeli tiket. Ya, harus diakui kemungkinan copet memanfaatkan kondisi seperti itu pasti cukup besar. Dan anda tentu tidak ingin sekeluarga harus mengantri di depan loket, bukan ?
Informasi terakhir yang saya peroleh PT KAI membuka pemesanan tiket untuk 30 hari ke depan sampai 3 jam sebelum keberangkatan bila dilakukan di stasiun. Untuk pemesanan melalui call center dapat menghubungi 121 atau 021 - 21391121. Pembayaran dapat melalui e-banking atau ATM Bank Mandiri, Bank BII, Bank BRI, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah dan OCBC NISP.
Selain itu dapat juga melalui agen-agen yang sekarang sudah tersebar, PT POS, maupun gerai-gerai seperti indomaret dan lain-lain.
Sebagai catatan, anda tidak bisa melakukan reservasi untuk tiket kelas ekonomi.
Informasi paling update anda bisa klik www kereta-api co id, silahkan ganti spasi dengan titik.