Tiket Pesawat Murah Tips perjalanan yang aman, nyaman dan murah - Teknologi Angkutan Darat, Laut dan Udara: Tiket Pesawat Murah

Rabu, 05 Januari 2011

Tiket Pesawat Murah

Tips mendapatkan tiket pesawat murah atau tiket promo
Bagi sebagian orang, menggunakan jasa penerbangan atau naik pesawat terbang tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun fenomena yang ada sekarang dapat saya katakan "tidak lagi". Justru dengan menggunakan pesawat terbang kita dapat menghemat biaya perjalanan.
Kok bisa begitu ? Bisa anda bayangkan perjalanan Jakarta-Medan yang membutuhkan waktu perjalanan 2 hari 3 malam dengan bis yang dengan pesawat dapat ditempuh dalam waktu hanya sekitar 2 jam saja.
1. Silahkan anda cek berapa harga tiket bis ditambah biaya anda makan di restoran setiap kali bis berhenti 2-3 kali sehari dibandingkan harga tiket pesawat ditambah airport tax di bandara.
2. Kehilangan waktu yang cukup lama, bagi anda yang memiliki usaha sendiri hal ini tentunya anda sadari betul. Berapa besar opportunity cost yang harus anda perhitungkan.
3. Lelah karena harus duduk di dalam kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Hmmm, jangan-jangan karena kelelahan anda jadi harus mampir ke dokter di tempat tujuan.
4. Kenyamanan, setidaknya anda bisa yakin kalau di dalam pesawat AC-nya menyala dan udaranya cukup bersih karena tidak ada yang merokok. Untuk urusan udara, pesawat biasanya dilengkapi dengan tabung oksigen murni.

Sekarang, bagaimana kita bisa mendapat tiket pesawat yang murah, saking murahnya jauh lebih murah daripada tiket bis ataupun kereta ? Saya ingin bagikan tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah atau sering disebut tiket promo.
Jadwalkan perjalanan anda
Biasanya perusahaan penerbangan terutama Low cost carrier, sebut saja begitu walaupun istilah itu tidak sepenuhnya tepat, akan menawarkan tiket dengan kelas dan harga dari yang termurah sampai yang termahal. Masing-masing dengan jumlah seat available yang terbatas. Jadi siapa cepat dia dapat.
Harap diingat, biasanya tiket murah memiliki time limit yang cukup pendek dan cukup sulit untuk di-refund. Jadi seandainya anda membeli tiket murah, anda harus sudah cukup yakin akan berangkat pada hari yang ditentukan.
Booking segera namun manfaatkan time limit anda sebelum melakukan pembayaran
Setelah melakukan booking di satu airlines, carilah informasi harga di airlines yang lain. Jika ternyata ada yang menawarkan yang lebih murah, ya, booking saja.
Cek dan re-cek
Jika hari ini anda sudah menemukan tiket pesawat yang paling murah, besok anda masih punya waktu untuk mengecek apakah airlines yang sama maupun airlines lain menawarkan harga yang lebih murah. Biasanya jika ada orang lain yang telah memperoleh tiket yang lebih murah ternyata membatalkan penerbangannya, maka harga tersebut akan kembali ke sistem reservasi maskapai tersebut.
Penerbangan di hari kerja
Biasanya harga tiket di hari kerja jauh lebih murah dibandingkan hari libur atau weekend. Harga tiket murah biasanya sulit didapatkan pada hari Jumat siang sampai Senin pagi.
Penerbangan terakhir atau penerbangan malam
Umumnya airlines menawarkan harga tiket yang lebih murah untuk penerbangan malam namun hal ini harus menjadi pertimbangan juga bagi calon penumpang. Jika anda di jemput di bandara tujuan mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun jika tidak, penumpang dari kota lain ke Jakarta, misalnya, pada siang hari hanya perlu membayar Rp 12.000,00 saja untuk ke tempat tujuan menggunakan bis Damri. Namun di malam hari harus mengeluarkan ratusan ribu rupiah untuk menggunakan taksi.
Tiket super murah atau tiket promo
Semua tips di atas bisa digunakan untuk mendapatkan tiket murah baik melalui call center, sales office airlines, maupun travel agent. Namun bagaimana dengan tiket super murah atau tiket promo ? Beberapa airlines menyebut kelas murah mereka sebagai kelas promo namun harga promo sesungguhnya hanya dikeluarkan sewaktu-waktu. Untuk yang satu ini, sebaiknya anda menggunakan on-line reservation langsung ke web-site airlines yang bersangkutan.
E-mail account
Anda harus punya e-mail account untuk didaftarkan ke airlines yang bersangkutan untuk menerima konfirmasi pemesanan, itinerary atau rencana perjalanan atau tiket yang akan anda cetak sendiri, maupun informasi promosi dari airlines bersangkutan.
Credit Card
Sebagian orang memilih menggunakan credit card untuk melakukan pembayaran. Bank penerbit kartu kredit yang cukup bonafide seringkali bekerja sama dengan airlines untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah yang juga penumpang pesawat. Biasanya bank tersebut menginformasikan melalui brosur yang dikirim ke para pemegang kartu kredit bersamaan dengan rekening kartu kreditnya. Perlu diperhatikan bahwa sebagian airlines mempersyaratkan jika 2 atau lebih penumpang berangkat dalam satu kode booking salah satunya haruslah pemegang kartu kredit. Jika hanya 1 orang, ya, harus pemegang kartu kreditnya.